Batu, Jawa Timur
0341 461504
info@poltekad.ac.id



HASIL SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT – POLTEKAD BERKOMITMEN TINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN

Politeknik Angkatan Darat disingkat Poltekad TNI AD merupakan Eselon Pelaksana di tingkat Kodiklat TNI AD yang berkedudukan langsung di bawah Dankodiklat TNI AD memiliki tugas pokok menyelenggarakan Pendidikan Teknologi sistem persenjataan dalam rangka mencetak sumberdaya manusia prajurit yang berwawasan teknologi dan mendukung tugas pokok TNI AD serta sebagai pembina akademik di bawah Kemenristek Dikti. Poltekad sendiri berada di Kota Batu–JawaTimur.

Untuk mengetahui antusias masyarakat terhadap layanan publik di Poltekad Kodiklatad maka pada tanggal 7 Januari 2022 Tim Survey Poltekad melakukan survey kepuasan masyarakat sebagai bahan evaluasi dan peningkatan kinerja di bidang pelayanan publik periode tahun 2021 dengan rentang waktu mulai bulan Januari-Desember 2021.

Tim Survei Poltekad menggunakan kuesioner online google form sebagai instrumen utama untuk mengumpulkan data, dan lain sebagainya agar hasil yang dicapai secara sistematis, terencana dan terstruktur dengan jelas sejak dimulainya penelitian sampai hasil akhir berdasarkan pengumpulan data informasi. Untuk variabel survey yang disampaikan kepada publik terdiri dari 9 (sembilan) kriteria yang meliputi: pertama Kurikulum Pendidikan (Kurdik), kedua Paket Instruksi (PI), ketiga Tenaga Pendidik (Gadik), keempat Tenaga Kependidikan (Gapendik), kelima Peserta Didik (Serdik), keenam Fasilitas Pendidikan (Fasdik) serta Alins/Alongins, ketujuh Metoda Pengajaran (Metjar), kedelapan Evaluasi Hasil Belajar (EHB), kesembilan Anggaran Pendidikan.

Berdasarkan hasil data suvey melalui penyebaran kuisioner yang disampaikan kepada 50 responden, terdapat hasil bahwa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pengguna layanan publik di lingkungan Poltekad Kodiklatad sebesar 80,92 dan berada pada kategori “BAIK”

Pengolahan dan analisa hasil survey mengikuti cara pengolahan data dan kluster penilaian sesuai dengan kaidah pengolahan survey. Untuk melakukan survei secara periodik mempergunakan pendekatan metode kualitatif dengan pengukuran menggunakan skala likert dengan skor 1 sampai dengan 5. Skala likert adalah suatu psikometrik yang umum digunakan dalam kuesioner (angket), dan merupakan skala yang paling banyak digunakan dalam riset berupa survey. Metode ini dikembangkan oleh Rensisi Likert. Skala likert adalah skala yang dapat dipergunakan untuk mengukur sikap, pendapat, dan persepsi seseorang atau sekelompok orang terhadap suatu jenis layanan publik. Pada skala likert responden diminta untuk menentukan tingkat persetujuan mereka
terhadap suatu pernyataan dengan memilih salah satu dari pilihanyang tersedia.

Hasil tersebut menjadi penyemangat bagi semua Tim Pelayanan Publik di Poltekad Kodiklatad untuk dapat mempertahankan dan lebih meningkatkan kualitas pelayanan yang saat ini sudah dinilai baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.