Poltekad Menjadi Tuan Rumah Gelar Asmanto Puji

Batu, 22 Juni 2024. Salah satu strategi Pembangunan Kesehatan adalah mendorong Masyarakat agar mampu memelihara Kesehatan, serta mengatasi gangguan Kesehatan ringan secara mandiri melalui kemampuan asuhan mandiri. Pelayanan Kesehatan tradisional yang merupakan usaha pengembangan di Puskesmas memanfaatkan keterlibatan masyarakat untuk memelihara Kesehatan mandiri dengan memanfaatkan tanaman obat keluarga (TOGA). Berdasarkan hal tersebut Puskesmas Beji membentuk kelompok asuhan mandiri untuk pemanfaatan TOGA dan ketrampilan untuk meningkatkan kemampuan melakukan asuhan mandiri yang terwadahi dalam suatu even yang disebut Gelar Asmanto Puji ( Asuhan Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga Puskesmas Beji) yang pada kesempatan ini Politeknik Angkatan Darat (Poltekad) menjadi tuan Rumah.

Acara ini dibuka Komandan Poltekad , Brigjen TNI Dr. Rachmat SW., S.I.P., M.M., M.Tr.(Han). Dalam sambutannya Komandan Poltekad menyampaikan bahwa acara Gelar Asmanto Puji ini menjadi momentum yang luar biasa, di mana dapat mendorong masyarakat agar mampu memelihara kesehatan, serta mengatasi gangguan kesehatan ringan secara mandiri melalui kemampuan asuhan mandiri. Untuk itu perlu adanya pembentukan kelompok asuhan pemanfaatan tanaman obat keluarga, yang dalam hal ini diprakarsai oleh Puskesmas Beji bekerja sama dengan Poltekad serta Persit Kartika Chandra Kirana ranting BS XV Poltekad Kodiklatad.

Acara yang berlangsung selama kurang lebih 5 jam ini berlangsung sangat meriah dan diikuti oleh 500 peserta dari beberapa instansi yang terkai diantaranya Pengurus KWT wilayah Kota Batu, Peserta Prolanis wilayah werja Puskesmas Beji, Ketrua Tim Penggerak PKK wilayah kerja Puskesmas Beji, Pokja III PKK Desa wilayah kerja Puskesmas Beji, Ketua Posyandu wilayah kerja Puskesmas Beji dan Poltekad yang terdiri dari Organik Poltekad dan Pengurus ersit Kartika Chandra Kirana ranting BS XV Poltekad Kodiklatad. Acara ini dimulai dengan simbol penyerahan tanaman TOGA dari Puskesmas Beji ke Poltekad dan dilanjutkan penanaman tanaman TOGA di taman TOGA Poltekad.