Tes Kesegaran Jasmani Semester Ganjil Bintara Mahasiswa Poltekad Kodiklatad Siap Hadapi Tantangan

Batu, 24 Januari 2024. Sebanyak 329 mahasiswa bintara Poltekad Kodiklatad menjalani tes kesegaran jasmani pada semester ganjil. Tes ini melibatkan serangkaian uji Garjas A, Garjas B, dan renang, yang bertujuan untuk mengukur tingkat kesiapan dan ketahanan fisik para bintara mahasiswa.

Pertama, para bintara mahasiswa mengikuti uji Garjas A dan B. Uji Garjas A merupakan tes lari. Sementara itu, uji Garjas B menekankan pada keterampilan khusus seperti sit-up, dan pull-up dan shuttle run untuk menilai kondisi fisik umum.

Bagian kedua dari tes kesegaran jasmani ini adalah uji renang. Para bintara mahasiswa menghadapi uji renang untuk menilai kemampuan mereka di dalam air, yang menjadi keterampilan penting dalam kondisi operasional tertentu. Renang juga dianggap sebagai salah satu aspek penting dalam pengembangan kesiapan fisik total.

Komandan Poltekad Kodiklatad, Brigjen TNI Dr. Rachmat SW., S.I.P., M.M., M.Tr.(Han)., menegaskan pentingnya menjaga fisik yang prima bagi para calon perwira. “Kesiapan fisik yang baik menjadi modal utama dalam menghadapi tugas dan tanggung jawab di dunia keamanan dan pertahanan,” ujarnya.

Selain mengukur fisik, tes kesegaran jasmani ini juga menjadi ajang untuk menunjukkan semangat dan mental juang para bintara mahasiswa. Prestasi dan kemampuan mereka dalam melewati setiap tahapan tes akan mencerminkan tingkat kesiapan mereka dalam menghadapi tantangan selanjutnya.

Tes kesegaran jasmani merupakan salah satu upaya Poltekad Kodiklatad dalam menjamin kualitas dan profesionalisme para bintara mahasiswa. Dengan melibatkan berbagai aspek kesegaran jasmani, diharapkan mereka dapat menjadi calon perwira yang siap menghadapi berbagai situasi dan tugas di lapangan.

Tes kesegaran jasmani ini diakhiri dengan semangat dan kegembiraan. Para mahasiswa dan staf Poltekad Kodiklatad berharap bahwa hasil tes ini akan menciptakan bintara mahasiswa yang tidak hanya memiliki fisik yang prima tetapi juga semangat juang yang tinggi dalam mengabdi pada bangsa dan negara.